Percepatan dan Perkembangan Bisnis Terminal khususnya Container Terminal, saat ini sedang meningkat di Indonesia. Oleh karena itu kebutuhan akan jumlah operator QCC di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sangat meningkat.
Building Effective Interpersonal Kompetensi merupakan perilaku jujur, positif, dan ekspresif yang disertai penghargaan terhadap pikiran, perasaan, dan keinginan dengan mempertimbangkan perasaan orang lain dalam berkomunikasi. Mengembangkan komunikasi asertif akan membantu meningkatkan keberhasilan interpersonal seseorang. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap komunikasi asertif dalam berbagai konteks dan situasi. Peserta didorong untuk melatih keterampilan yang sangat diperlukan dalam hubungan interpersonal yang dinamis, terutama di lingkungan tempat kerja.
Guna mempersiapkan Pimpinan Perusahaan yang handal, terampil, kredibel, profesional dan kompeten, Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran penting dalam menentukan keberlangsungan hidup dan berkembangnya suatu organisasi yang ditentukan oleh kualitas, tingkat kompetensi, dan kapabilitas SDM yang dimiliki sehingga mampu mengelola perusahaan secara berkesinambungan dan meningkatkan semangat kerjasama dalam penyelesaian pekerjaan baik dalam satu maupun antar divisi yang berada.
Pasar bebas ASEAN sudah diterapkan,dan konsekuensinya adalah SDM dari-negara ASEAN bebas meniti karir diantara negara-negara yang telahmenandatanganinya. Untuk melindungi danmengembangkan SDM dalam negeri,Pemerintah membentuk BNSP (BadanNasionalSertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. Berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RepublikIndonesia No. 435 Tahun 2015 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Manajemen Sumber SDM, SKKNI No. 307 Th. 2014 Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, dan SKKNI No. 346 Tahun 2014 Bidang Hubungan Industrial untuk Level IV (Level Supervisor/Analis) merupakan level yang memadukan aspek praktis dan konseptual dalam manajemen dan pengembangan SDM, dengan ketentuan jumlah unit kompetensi sebagai berikut: 4 (empat) Kompetensi Inti dan 10 (sepuluh) Kompetensi Pilihan. Berdasarkan pedoman ini, LSP MPSDM mengembangkan menjadi 5 (Lima) Skema Sertifikasi, salah satunya adalah Supervisor Manajemen Kinerja Dan Karir (SMKK)/Career & Performance Management Supervisor (CPMS).
Masih banyak orang tidak sadar pentingnya penampilan dalam dunia profesional. Kebanyakan orang tampak berpenampilan semaunya dan kurang peduli akan hal tersebut karena mereka biasanya berpikir bahwa karir tidak berkaitan dengan penampilan. Sesungguhnya Penampilan sangatlah penting untuk semua orang yang terjun di dunia professional sehingga dapat menciptakan kesan pertama yang baik dan menerapkan etika bisnis yang tepat dan profesional.
Kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang harus diutamakan. Pelayanan pelanggan yang baik dan handal akan berdampak terhadap kesejahteraan organisasi, karena saat kebutuhan pelanggan terpenuhi maka mereka akan merasa nyaman dan berdampak positif terhadap organisasi. Pelayanan pelanggan juga membantu organisasi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan keuntungan secara internal maupun eksternal. Secara tradisional, kegiatan peningkatan secara internal terfokus dan ditujukan untuk menurunkan biaya, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kualitas. Namun, untuk mencapai kepuasaan pelanggan, perusahaan harus mengadopsi pandangan bisnis yang berfokus pada pelanggan dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.